Kenali Bahayanya Saat Kadar Gula Darah Tinggi

Perlu diingat dan diwaspadai jika anda memiliki kadar gula darah yang tinggi. Sudah banyak kasus jika kadar gula darah yang tidak terkontrol menjadi masalah bagi banyak orang, hal ini bisa disebabkan karena pola makan yang tidak proporsional dan tidak teratur kandungan kalorinya. Padahal gula darah yang tinggi menyebabkan sindrom metabolik yang meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, diabetes (kencing manis) dan penyakit jantung.

Meskipun demikian, gula darah sebenarnya juga diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Jadi tidak selamanya gula darah buruk bagi tubuh. Namun jika berlebih maka kemampuan tubuh menjadi tidak maksimal dalam mengolah gula darah sehingga gula atau glokosa akan tetap berada dalam darah yang menyebabkan kadar gula tinggi.

Pada proses menyerangnya, banyak atau sedikitnya gula di dalam darah dapat menyebabkan pankreas melepaskan insulin yang berlebih(insulin dibutuhkan untuk mengubah gula menjadi energi) tergantung banyak sedikitnya gula dalam darah pula. Jika kadar gula yang masuk dalam tubuh tinggi maka lebih banyak insulin dilepaskan. Semakin banyak gula di dalam darah maka akan lebih banyak insulin yang diproduksi menyebar ke seluruh tubuh. Akibatnya, semakin besar kemungkinan orang akan mengalami kenaikan berat badan.

Efek samping yang akan didapatkan penderita selain menyebabkan obesitas (kegemukan), kadar gula tinggi selalu dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang lebih serius, termasuk perubahan suasana hati atau mood, penurunan sistem imun dan yang paling populer adalah penyakit diabetes. Pada penderita diabetes, sel-sel dalam tubuh  tidak mampu mengabsorbsi glukosa secara normal , akibatnya glukosa menumpuk di dalam darah dan menyebabkan penyakit diabetes.

Selain disebabkan oleh gaya hidup, faktor genetika ternyata juga berpengaruh pada penderita diabetes tipe ini, sedari  kecil menuju remaja , seseorang sudah memiliki bakat menderita diabetes, jika tidak menjaga asupan makanan, resiko terkena diabetes sangatlah besar. Dan yang bahaya, disaat terjadi infeksi pada liver, diabetes mulai menggejala dan menyerang tubuh anda. Sedangkan tipe yang ke dua diabetes menyerang pada seseorang setelah berumur 40 tahun dengan gaya hidup yang tidak sehat. Insulin bantuan diperlukan untuk membantu penderita mengubah glukosa menjadi gula darah

Ciri-ciri Diabetes :

Penderita diabetes akan merasakan perasaan haus yang datang terus – menerus tiada hentinya, sering buang air kecil  dalam volume yang besar, berat badan turun secara drastic dan cepat , cepat lelah dengan penyebab yang  tidak menentu, rasa gatal dan peradangan pada kulit  yang menahun, pada kasus tertentu bisa terjadi koma .

Jika tanda-tanda diatas sudah muncul, kemudian perlahan bermunculanlah beberapa penyakit komplikasi yang sering mengikuti pada penderita diabetes pada umumnya, katakanlah gagal ginjal, penyakit jantung, impoten, kerusakan otak,bahkan hingga kebutaan dapat mengintai sewaktu-waktu.

Selain itu, sering ditemukan pada penderita kencing manis yang sudah dalam keadaan berat  atau akut, menyebabkan penderita hilang kesadaran atau pingsan, mati rasa (kesemutan) pada kaki dan tangan, borok di kaki tidak kunjung sembuh, hilangnya kesadaran.

Tips untuk mencegah kadar gula darah anda tinggi  :

1. Tidur yang cukup.
2. Mengontrol berat badan .
3. Makan dengan porsi kecil setiap 4-5 jam sekali.
4. Mengurangi jumlah asupan kalori.
5. Pilih makanan tinggi serat, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan
6. Minum teh hijau tanpa gula
7. Berolah raga secara teratur , rajin bergerak dapat membakar kalori dan semakin banyak kalori  yang terbakar dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi
8. Kurangi lemak pada organ dalam seperti di seputar perut.

Jika anda memiliki faktor resiko untuk terkena diabetes, disarankan untuk menjalani pemeriksaan gula darah secara rutin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemeriksaan dilakukan di laboratorium sebanyak 2 kali yakni setelah berpuasa 8 jam dan sesudah makan. Namun pemeriksaan juga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan alat-alat yang banyak dijual, dengan diambil kadar rata-rata.

Sebagai patokan bagi anda yang ingin melakukan cek secara mandiri, kadar gula darah dikatakan normal jika angkanya 70-99 mg/dL, dengan catatan diukur setelah puasa atau tidak makan selama 8 jam. Kadar gula darah yang diukur 2 jam setelah makan dikatakan normal jika berkisar antara 70-145 mg/dL, sedangkan jika mengabaikan jadwal makan maka rentang normalnya adalah 70-125 mg/

Artikel lain yang sering dibaca pengunjung:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>